0

CIREBON

1. Empal Gentong
resep empal gentong. Resep Empal Gentong Khas Cirebon
Empal gentong merupakan makanan yang berasal dari daerah cirebon, Jawa barat, mengapa disebut dengan empal gentong mungkin karena dimasaknya menggunakan gentong yang terbuat dari tanah liat dan dimasak menggunakan kayu bakar, bahan yang digunakan berupa jeroan seperti usus, hati, babat dan juga daging sapi sehingga makanan ini hampir-hampir mirip dengan gule, jika anda ingin membuatnya seniri dirumah dan tidak punya gentong, menggunakan wajan biasa jg bisa.
Masakanlezat.com

2. Nasi Jamblang
nasi-jamblang-1
Sega jamblang ini adalah nasi dingin yang dibungkus daun jati, kemudian dimakan bersama dengan lauk-pauk khasnya seperti rendang kecap, tahu air, sate kentang, sambel goreng, paru goreng, perkedel kentang, ikan asin, telur jamblang, cumi hitam, tempe, tahu, sate usus dan lain-lain.

Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon, tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai alas nasi dan lauknya. Pengambilan lauknya pun secara prasmanan, jadi kita bisa mengambil jenis dan jumlah lauknya sesuka kita.
http://ranggafebri.wordpress.com

3. Mi Koclok 
Berkunjung ke Cirebon, jangan sampai melewatkan Mie Koclok Mas Edy. Ketenarannya sangat melegenda seantero Cirebon.

Mi ini terbilang legendaris karena telah ada sejak 1945, setara dengan usia kemerdekaan bangsa Indonesia. Saat ini, Mas Edy, yang merupakan generasi ketiga pemilik rumah makan ini, mengelola warung dibantu dengan anak-anaknya.

"Kami memang mempertahankan resep khusus dari neneknya bapak, untuk menjaga kualitas mi koclok," kata Edi Supriadi, saat ditemui Okezone pada Festival Jajanan Bango di Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Dari segi nama, mie koclok merupakan singkatan dari "Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okey Memang Asik dan Istimewa". Selain itu, nama koclok sendiri merupakan suara "koclok" saat menuangkan mi yang baru diangkat dari kuah rebusan.

"Minya dikoclok atau dituang ke dalam mangkok," lanjutnya.

Satu porsi mi koclok terdiri dari mi basah, irisan daun bawang, irisan kol, tauge, irisan telur rebus, taburan bawang goreng, suwiran ayam goreng, dan diseduh kuah yang kental dan gurih. Kuahnya dibuat dari kaldu ayam dan adonan tepung maizena, garam, merica, dan santan kental.

Makin melengkapi kelezatan, mi koclok dilengkapi sambal, kecap, dan emping goreng yang kriuk. Untuk menikmati salah satu warisan kuliner Nusantara yang legendaris ini, Anda cukup merogoh kocek Rp10 ribu per porsi. Dengan harga yang terjangkau ini, sehari mi koclok bisa terjual 100 porsi.

Di Cirebon, Anda bisa menemukan mi koclok di Jalan Lawang Gada. Rumah makan ini buka dari pukul 05.00 -24.00 WIB.

0 Responses to " "